03 Februari 2009

Kurma

Kurma Makanan yang satu ini selalu saja menjadi ngetrend setiap kali Ramadan tiba. Siapalagi kalau bukan kurma. Anda barangkali termasuk yang suka mengkonsumsinya sebagai pembuka puasa, tapi tahukah Anda apa saja jenisnya dan apa manfaat memakan kurma? Berikut ulasannya.

Kurma sebetulnya adalah jenis tumbuhan palma.Nama latinnya phoenix dactylifera. Ia biasa hidup di Timur Tengah dan wilayah Afrika Utara. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15 sampai 25 meter. Seringkali tumbuh bergerombol dengan beberapa batang pohon yang muncul dari satu akar yang sama, namun bisa juga tumbuh sendiri-sendiri.

Sebetulnya, ada puluhan jenis kurma, namun yang kerap dijual di Indonesia sekitar 30 sampai dengan 60 jenis. Mereka di antaranya kurma madu, kurma tunis, kurma emas, kurma amerika, kurma asafwi, kuma lulu, kurma sokari, kurma khidri, kurma madjool, kurma monief, kurma sekki, kurma barhi, kurma kholas, kurma silaj, kurma seis, kurma mactoumi, kurma rothan, kurma khidri, kurma ajwa.

Dari semua itu, yang paling tenar adalah kurma Ajwa (kurma nabi). Bukan apa-apa, pasalnya kurma jenis ini cuma tumbuh di Madinah, itupun konon dari areal yang dulunya merupakan kebun milik Nabi Muhammad SAW. Nabi pun kerap memakan kurma jenis ini. Bahkan ada hadist yang menyebut, jika memakan kurma Ajwa 7 butir setiap pagi, maka orang akan kebal terhadap sihir dan racun.

Sebanding dengan pamornya, harga kurma Ajwa terbilang paling mahal. Untuk satu kilonya, harga di pasaran bisa mencapai Rp 750.000. Karena itu meski populer, di Indonesia kurma Ajwa bukanlah kurma terlaris. Penyandang gelar ini justru kurma mesir. “Itu yang paling banyak dibeli untuk oleh-oleh,” jelas Syarifah Banun, pemilik toko kurma Al-Barokah, Tanah Abang,

Ia menambahkan, sebetulnya pada tiap jenis kurma punya manfaat sendiri-sendiri. Kurma Ajwa misalnya bisa untuk menyembuhkan diabetes. Adapun untuk Kurma Subari dan Kurma Madina Madi paten agar bisa meningkatkan stamina khususnya pria. Sementara kurma madu, karena sifatnya yang mengandung madu cocok sebagai penambah daya taha tubuh.

Mengenai keunggulan kurma, kalangan kedokteran sudah mengamininya. Kandungan kurma yang banyak berisi gula dan air cocok untuk berbuka puasa. Sementara asam salisilat yang ada didalamnya bisa mencegah pembekuan darah, anti radang dan menghilangkan nyeri. Kurma juga direkomendasi sebagai makanan bagi ibu menyusui yang bisa memacu produksi ASI.

Berikut kandungan gizi yang diambil dari salah satu jenis kurma:
Kartohidrat 75 gr
Asam Folic 5,4 mikrog
Fiber/serat 2,4 gr
Mineral kalium 52 mg
Protein 2,35 gr
Magnesium 50 mg
Lemak 0,43 gr
Tembaga/cofper 2,4 mg
Vitamin A 90 IU
Sulfur 14,7 mg
Vitamin B1 93 mg
Besi 1,2 mg
Vitamin B2 144 mg
Zink 1,2 mg
Vitamin C 6,1 mg
Fosfor 63 mg
Asam nikonat 2,2 mg
Energi 323/100 gr

Rasulullah Telah menganjurkan kita untuk berbuka puasa dengan yg manis-manis termasuk dengan kurma

sekarang ini juga tersedia sari kurma yang dapat dibeli ditoko yang menjual obat-obatan herbal

Tidak ada komentar:

Search Engine

YM

Calendar

Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all